Program Berkelanjutan, Serbuan Vaksinasi Lanal Sangatta Berhasil Suntikkan 500 Dosis, Dinkes Harap Segera Terbentuk Herd Immunity

Halokaltim.com – Ratusan masyarakat Kutai Timur tampak antusias menyambut vaksinasi covid-19 massal yang kali ini digelar di Mako Lanal Sangatta, Jalan Malahayati, Komplek Bukit Pelangi, Sabtu (3/7/21). Kegiatan bertajuk “serbuan vaksinasi” oleh TNI Angkatan Laut tersebut digelar secara nasional.

Komandan Lanal Sangatta (Danlanal) Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi merupakan rangkaian sinergisitas antara TNI-Polri dan Pemerintah, terhitung sejak 26 Juni 2021.

Melihat antusias masyatakat yang begitu besar, I Komang Nurhadi mengaku cukup terkesan sekaligus kaget. Sebab, warga yang hadir ke Mako Lanal Sangatta bahkan rela datang sejak sekira pukul 03.00 Wita dini hari. Sayangnya, ketersediaan vaksinasi yang hanya 500 dosis, membuat serbuan vaksinasi Lanal Sangatta belum dapat memfasilitasi seluruh masyarakat yang datang pada hari itu.

“Antusias dari masyarakat saat ini, alhamdulilah, kalau sebelumnya kita mencari masyarakat yang mau divaksin, sekarang yang divaksin mencari tempat vaksin. Jadi kita bersyukur masyarakat sudah memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya vaksinasi,” jelas danlanal.

“Untuk saat ini jatah kita 500 (dosis), karena memang ketersediaan hanya 500. Tadi saya arahkan untuk yang belum terfasilitasi tidak perlu khawatir, karena ini akan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan,” lanjutnya.

Selain itu, Lanal Sangatta juga menggeber program vaksinasi jemput bola menggunakan bus, terhadap masyarakat binaan di desa pesisir Pantai Kenyamukan Sangatta. Jadi, warga yang ingin mengikuti vaksinasi namun tidak memiliki kendaraan dapat mengikutinya melalui program jemput bola tersebut.

Terkait pelaksanaan vaksinasi lanjutan, Danlanal belum mengetahui waktu kedatangan vaksin. Namun yang pasti, pihaknya akan selalu siap untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi.

“Seluruh komponen bangsa, TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Pemerintah Daerah akan melaksanakan perintah presiden. Kita selalu siap melaksanakan itu, demi masyarakat sehat. Karena jika satu sehat akan menyelamatkan nyawa yang lain. Ini harus diprogramkan semua, tanggung jawab bersama untuk memperlambat penyebaran covid-19,” papar I Komang Nurhadi.

I Komang Nurhadi, dr Bahrani Hasanal, dan Letkol Czi Pabate.

Berharap Herd Immunity Kutim Segera Terbentuk

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Kepala Dinas Kesehatan, dr Bahrani Hasanal yang didampingi oleh Dandim 0909/Sgt Letkol CZI Pabate menjelaskan, hingga hari ini pihaknya telah mendistribusikan vaksin hingga 10 ribu di Kutim.

Pihaknya berharap, dengan semakin besarnya antusias masyarakat terhadap kebutuhan vaksinasi, maka semakin mempercepat terbentuknya herd immunity, terkhususnya di wilayah Kutim.

Diketahui, herd immunity merupakan sasaran program vaksinasi covid-19 di Indonesia, yaitu kekebalan kelompok masyarakat terhadap infeksi sebagai bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular terhadap sebagian besar populasi, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi.

“Kami berterima kasih sekali kepada pihak Lanal, Kodim dan Polres. Bahwa kami berkolaborasi bagaimana secepatnya mendistribusikan vaksin kepada masyarakat Kutai Timur. Tinggal sekarang ketersediaan vaksin saja, jadi kami sudah koordinasi bahwa kami akan mengerjakan keroyokan mendistribukikan vaksin,” ujar Bahrani.

Dirinya juga menyebut, untuk masyarakat di pesisir pantai Kutai Timur akan menjadi sasaran dari Lanal Sangatta. Sedangkan Dinas Kesehatan akan menyiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan vaksinasi, temasuk tenaganya. (*)

Editor : Raymond Chouda