Ketua DPRD Kaltim Dorong Pariwisata Kaltim Jadi Mendunia

Halokaltim.com – Selain kaya akan sumberdaya alam yang bernilai tinggi, Kalimantan Timur juga dikenal dengan daerahnya yang indah. Terdapat banyak objek wisata di Kaltim yang dikenal pelancong dari berbagai daerah. Bahkan turis asing menjadi langganan berwisata di Benua Etam. Tak kalah dengan Pulau Dewata, Bali.

Hal tersebut diamini Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. Mantan bupati Berau dua periode ini menegaskan, Kalimantan Timur punya banyak potensi wisata yang layak mendunia. Ia mencontohkan Pulau Derawan yang masuk tiga besar yang terkenal di Indonesia selain Wakatobi dan Raja Ampat.

Tingginya tingkat okupansi di daerah wisata Kaltim, menurut Makmur bergantung pada promosi dan inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Makanya, perlu kegesitan pemerintah daerah untuk terus memamerkan keindahan alam Kalimantan Timur.

Harus diakui, Makmur menyayangkan pemerintah daerah kurang kuat mendorong pariwisata Kaltim ke mata dunia. Bahkan sebelum terjadi pandemi. Akibatnya, ditambah terjadinya wabah seperti sekarang ini, destinasi wisata di Kaltim jadi semakin sunyi.

“Misalnya Pulau Derawan. Promosi yang dilakukan pemerintah daerah masih kurang. Ini memengaruhi kedatangan wisatawan,” paparnya.

Di sisi lain, Makmur menyoroti soal infrastruktur untuk mengakses titik wisata yang ada di Kaltim. Jalanan menuju lokasi masih terkendala. Makmur berharap pemerintah daerah selain gencar mempromosikan wisata Kaltim, juga harus bekerja keras membangun infrastruktur penunjang yang layak untuk mendongkrak pariwisata Kaltim.

“Objek wisata di Kaltim banyak yang bisa digali kembali untuk dinikmati masyarakat. Tapi masih bermasalah di infrastruktur akses jalan dan fasilitas lainnya,” ujarnya.

Makmur menegaskan, ketika pariwisata di Kaltim jaya, maka otomatis pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata itu tentu akan optimal masuk ke kas daerah yang ujung-ujungnya uang itu digunakan lagi untuk membangun Kaltim. (adv)

Penulis : Hadid