Veridiana Mendukung Peningkatan Kualitas Sektor Peternakan di Pedesaan Kaltim

Halokaltim.com – Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang dikenal subur membuat berbagai jenis hewan dapat hidup di atasnya. Ini merupakan faktor penting untuk pengembangan sektor peternakan di Benua Etam.

Pengembangan peternakan menjadi salah satu program yang terus dijalankan Pemprov Kaltim. Sebab, sektor peternakan ini juga mampu menggerakkan perekonomian daerah.

Rencana pengembangan peternakan di Kaltim itu didukung penuh oleh Ketua Komisi II DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang. Dijelaskannya, ada visi dan misi pembangunan peternakan di Kaltim. Yakni berupa pengembangan peternakan sebagai kemandirian dan kedaulatan pangan di Kaltim.

“Kemudian memanfaatkan lahan dan pakan lokal Kaltim,” jelas politikus PDI Perjuangan Kaltim itu.

Dia melanjutkan, kemandirian pangan, yang dalam hal ini adalah swasembada daging di Kaltim dapat dicapai dengan meningkatkan populasi dan produktivitas ternak sapi dan kerbau. Sedangkan sumber dananya diambil dari investasi swasta dan APBD.

“Didukung dengan aturan selaras dengan perkembangan peternakan dan dilakukan pengawasan ketat,” ulasnya.

Selain itu, dia menegaskan, untuk merangsang datangnya investasi dan pertumbuhan ekonomi, perlu meningkatkan daya saing produk dengan memberikan nilai tambah yang kompetitif. Jika hal itu dilaksanakan dengan benar, maka menurutnya akan tercipta lapangan usaha dan penyerapan tenaga kerja besar-besaran.

“Yang ujung-ujungnya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan di Kaltim,” ujar Veridiana.

Dia mengungkapkan, lokasi peternakan di daerah pedesaan merupakan tempat yang terpencil. Maka dibutuhkan dukungan infrastruktur yang memadai dan peralatan transportasi yang layak untuk mendistribusikan kebutuhan sektor peternakan. Ini supaya bisa memperlancar arus sarana produksi dan produk dari pasar peternak maupun sebaliknya.

“Dengan demikian, cita-cita peningkatan kualitas sektor peternakan di Kaltim jadi semakin mudah digapai,” paparnya. (adv)

Penulis : Hadid