Corona Kutim Sudah 13 Positif, 435 ODP dan 31 PDP

Halokaltim.com – Masyarakat Kutai Timur (Kutim) diharap bisa lebih menjaga diri di rumah saja, sebab kini telah terdapat 13 pasien positif covid-19 di kabupaten tersebut. Konfirmasi resmi dipaparkan Dinas Kesehatan Kutim, Senin (27/4/20).

Kadinkes Kutim dr Bahrani Hasanal memaparkan,kini sudah ada 13 kasus temuan pasien terkonfirmasi positif covid-19, berdasarkan hasil polymerase chain reaction (PCR) atau swab.

“Benar sampai saat ini sudah 13 kasus, KTM 13 merupakan ayah dan mertua dari KTM 9-10 sebelumnya yang juga positif Covid-19,” ujarnya, saat dikonfirmasi via WhatssApp.

Bahrani menambahkan KTM 13 adalah dari klaster gowa yang berkontak erat dengan peserta Ijtima. Sementara jumlah orang dalam pemantauan mencapai 50 dari 435 dan yang dinyatakan selesai pemantauan mencapai 385.

dr Bahrani Hasanal

Dari 31 pasien dalam pengawasan (PDP) sembilan dinyatakan negatif, 13 positif, dan sembilan masih menunggu hasil swab.

“ODP ada 50 orang, PDP yang menunggu hasil swab 9 orang, dan 13 dinyatakan positif berdasarkan hasil PCR,” papar dia.

Dari 18 kecamatan di Kutim jumlah kasus tambahan dari Kecamatan Muara Wahau yang sebelumnya tiga kasus kini menjadi lima kasus. Untuk daerah lainnya Sangatta Utara tedapat lima, Long Mesangat satu, Kaubun satu, dan Sangatta Selatan satu kasus.

Meski jumlah penyebaran kian massif Bahrani mengatakan untuk jangan panik, tetap waspada hindari kerumunan atau kegiatan yang melibatkan jumlah massa banyak. Selain itu ia pun terus mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat.

Kemudian dikatakan tetap gunakan masker dan sarung tangan ketika hendak keluar rumah. Stay at home, work from home, sering cuci tangan dengan air dan sabun, juga segera ganti pakaian ketika tiba dirumah. (adv/ash)