Sabar Hadapi Anak PAUD dan TK Belajar Online, Guru-guru di Kutim Dapat “Jempol” dari Kadisdik

Halokaltim.com – Pembelajaran online selama masa pandemi covid-19 yang hanya berinteraksi melalui dunia maya tidak mudah dilakukan. Menghadapi peserta didik dengan begitu sabar, kinerja guru PAUD dan TK di Kutai Timur (Kutim) mendapat apresiasi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kutim Roma Malau.

“Butuh kesabaran mengajari anak-anak PAUD dan TK dalam sistem tesebut, ini kita kasi jempol dan apresiasi,” ujar Roma, Rabu (22/4/2020).

Lamanya masa libur sekolah selama masa pandemic covid-19, jelas akan membuat bosan anak yang terus-terusan belajar di rumah tanpa interaksi sosial di sekolah. Roma dalam hal ini mengakui adanya keluhan anak yang memilih belajar di sekolah daripada di rumah karena kebosanan yang terbentuk akibat terkurung di dalam rumah.

Untuk itu, Roma meminta agar guru lebih kreatif dalam memberikan pembelajaran, dan jangan monoton hanya untuk menyelesaikan tugas mengajar.

“Guru disini harus kreatif agar anak tidak bosan belajar di rumah,” terangnya.

Selain itu, Roma juga meminta bila guru mempunyai waktu luang, agar menyempatkan diri dan melakukan kunjungan ke rumah-rumah peserta didik, untuk memberikan semangat.

“Tapi tetap mengedepankan kesehatan, guru harus selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) dalam setiap kunjungannya,” tuturnya. (adv/ash)