Agiel : Media Massa Adalah Corong Pemerintah dan Masyarakat dalam Covid-19

Halokaltim.com – Informasi yang benar dan akurat, pada zaman kini adalah hal yang paling dicari-cari. Menurut Anggota DPRD Kaltim, Agiel Suwarno, kabar berita terbaik untuk mengawal pembangunan yang paling bisa dipercaya adalah media massa.

Apalagi, lanjut Agiel, dalam wabah covid-19 saat ini, banyak sekali informasi yang beredar, sehingga masyarakat bisa jadi korban bila informasi itu menyesatkan. Makanya Agiel menegaskan, bahwa khalayak harus pahami bahwa media massa adalah jawaban bagi masyarakat luas. Baik itu media massa bersifat elektronik maupun cetak.

“Apalagi dalam menyampaikan informasi perkembangan tentang covid-19, media massa adalah sumber paling terpercaya. Media massa itu adalah corong bagi pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, sekaligus corong masyarakat dalam menyampaikan keluh-kesah,” ungkap politisi dari PDI Perjuangan itu kepada jurnalis halokaltim.com, Selasa (21/4/20).

Terkait covid-19, Agiel merasa bahwa para jurnalis adalah termasuk garda terdepan, yang merupakan bagian dari kekuatan pemerintah menanggulangi wabah tersebut. Lantas, ketika ada hal yang perlu ditindaklanjuti, media massa selalu terlibat, yang sebagian besar terjun secara langsung di lapangan.

“Apabila ada rasionalisasi anggaran, maka pemerintah harus selektif. Jangan pekerjaan nonfisik seperti untuk media jadi ikut kena imbasnya, karena peran media sangat penting untuk ikut menanggulangi wabah covid-19, termasuk di daerah,” tegas Agiel.

Politisi senior itu menegaskan, justru pemerintah harusnya bisa memahami hal itu. Di mana diketahui, media tidak mengganggu penanganan wabah covid-19. Tapi justru peran media sangat krusial dalam penanggulangan bencana wabah covid-19. (ash)