Novel Minta Pemkab Kutim Efektif Gunakan Anggaran Penanganan Covid-19 di OPD

Halokaltim.com – Rencana Pemkab Kutai Timur mengalokasikan APBD puluhan miliar untuk penanganan covid-19, menjadi perhatian wakil rakyat. Anggota DPRD Kutim dari Partai Gerindra dr Novel Tyty Paembonan turut angkat bicara mengenai hal tersebut.

“Sebaiknya Pemkab Kutim menelisik lebih lanjut rincian anggaran kegiatan di tiap organisasi perangkat daerah (OPD). Tujuannya, agar tupoksi dalam keuangan di setiap instansi bisa lebih jelas untuk menangani penanggulangan covid-19,” ucap Novel saat diwawancarai belum lama ini.

Namun dirinya meminta agar anggaran yang tidak terlalu prioritas dialihkan ke biaya penanganan di setiap OPD yang menjadi garda terdepan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kutim.

“Dengan kondisi pandemic yang sangat menghawatirkan saat ini, perlu adanya kepedulian antara eksekutif dan legislatif dalam mengalokasikan anggaran. Saya harap anggaran yang disiapkan pemerintah daerah bisa digunakan dengan efesien sesuai dengan apa yang menjadi perioritas,” pintar Wakil Ketua Komisi B itu.

Dalam upaya penanganan dan pencegahan wabah ini, Novel meminta, supaya pemerintah bersama pihak terkait serta para stakeholder bisa saling bahu-membahu.

“Sebab yang harus ditangani ada banyak. Belum lagi kontroling terhadap ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan), serta masyarakat terdampak,” ujar Novel. (adv/ash)