Atas Arahan Disdik Kutim, Siswa Belajar di Rumah Lewat Aplikasi Smartpohe

Halokaltim.com – Para siswa yang libur sekolah dalam pandemi covid-19 kali ini, masih terus mengikuti program belajar di rumah. Baik sekolah negeri maupun swasta, Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim) terus memberikan arahan untuk belajar di rumah.

Sudah lebih tiga pekan terakhir, salah satu siswa SMP Islam Terpadu (SMPIT) Daarussalam Sangatta, Wasiah, mengerjakan tugas yang diberikan guru melalui aplikasi smartphone di rumahnya. Yakni, di Gang Masjid, RT 15 Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur, Kaltim.

Sistem pembelajaran di rumah tersebut, berdasarkan arahan dan instruksi Disdik Kutim. Bahwa libur sekolah tetap mengharuskan siswa belajar di rumah melalui sistem daring.

Wasiah mengaku, sekolahnya menerapkan tatap muka kelas jarak jauh dengan diawasi guru. Tatap muka menggunakan fasilitas konferensi video yang dibagi ke dalam beberapa sesi.

Selain itu, pihak sekolah juga memberikan tugas-tugas harian untuk mata pelajaran terkait yang dijadwalkan setiap hari. Tugas-tugas tersebut diunggah setiap sore hari untuk kemudian dikerjakan keesokan paginya dengan pendampingan orangtua.

“Komunikasinya lewat whatsapp (WA), khusus dibuat untuk orangtua dalam membagikan dan menyampaikan kegiatan belajar dari rumah,” ujar Wasiah. (adv/ash)