Tekan Penyebaran Covid-19, Kelurahan Berebas Tengah Gencar Lakukan Tindakan Preventif

Halokaltim.com – Guna menekan penyebaran corona virus (covid-19) di lingkungannya, Kelurahan Berebas Tengah gencar melakukan sosialisasi dan tindakan preventif (pencegahan). Ini sudah dilakukan sejak mewabahnya virus ini di Bontang.

Lurah Berebas Tengah, Mustamin Syam mengatakan, beberapa hal yang sudah dilakukan pihak kelurahan seperti penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan kantor kelurahan, dan delapan masjid di wilayah Berebas Tengah. Penyemprotan ini kata dia, bekerjasama dengan perusahaan Badak LNG. Selain itu, bersama dengan Badak LNG dan Forum Komunikasi Putra-putri Sulbar Bontang (FKPSB), pihanya juga telah melakukan pengadaan tandon dan tempat cuci tangan di beberapa titik.

“Untuk di beberapa RT, juga ada bantuan penyemprotan dari lembaga lain. Namun untuk RT-RT yang tidak mendapat bantuan, kami dorong untuk melakukan penyemprotan secara mandiri,” ujarnya.

Kelurahan juga gencar melakukan sosialisasi kepada warganya untuk menggunakan masker jika ke luar rumah, tidak berkumpul dengan banyak orang, dan mengingatkan pengurus atau takmir masjid untuk menutup tidak melaksanakan salat lima waktu dan salat jumat berjamaah. Selain itu, rumah-rumah makan juga diimbau untuk tidak melayani terlebih dahulu pelanggan yang ingin makan di tempat, dan disarankan lebih baik dibungkus dan dimakan di rumah.

“Kami juga lakukan razia malam untuk memberikan sosialisasi kepada warga yang masih sering nongkrong di luar. Di kantor kelurahan, kami juga terapkan pelayanan setengah hari dan diberlakukan jam shif untuk pegawai. Dengan tujuan, mencegah berkumpulnya orang banyak,” pungkasnya. (adv/afq)