Ektrakulikuler di Libur Sekolah Jadikan Siswa Kutim Makin Berkarakter

Halokaltim.com – Libur sekolah dalam rangka mencegah pandemi covid-19 di Kutai Timur (Kutim) membuat siswa mendapat sejumlah tugas yang harus dikerjakan di rumah. Namun tak semua pekerjaan rumah soal hitung-menghitung atau hapal-menghapal.

Kadisdik Kutim Roma Malau mengatakan, belajar di rumah tidak serta merta memberikan tugas mata pelajaran umum. Tetapi juga tugas yang bisa memacu siswa mengambangkan karakternya, yakni melalui tugas ekstrakurikuler.

“Seperti aktif menyiram kembang. Menyiram kembang itu adalah suatu pemeliharaan supaya dia menyayangi tanaman. Nah, di sana itu sudah ada nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada siswa,” ungkap dia.

Roma mencontohkan, aktifitas siswa yang berbentuk edukasi, kreatifitas dan pengembangan karakter lalu didokumentasikan melalui video di masa sistem belajar dari rumah tersebut berlangsung.

Dalam video itu, siswa diajarkan kegiatan menyiram dan menanam tanaman atau bunga. Tidak ketinggalan kegiatan senam, seni serta membuat ketarampilan dan juga membuat lukisan ataupun mengambar.

Pada kegiatan mengambar, dijelaskan bahwa belajar di rumah sekaligus latihan dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). FLS2N sendiri merupakan program nasional yang bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal.

Roma menegaskan, sistem belajar dari rumah tidak selalu berkaitan dengan soal-soal dan tugas belajar siswa. Tapi juga pengembangan karakter dan melatih kemampuan kreatifitas peserta didik.

Namun untuk mastikan kegiatan teraebut berjalan dengan baik, Roma mengatakan, pihaknya setiap hari melakukan pantauan dengan menerapkan rutinitas dan jadwal konferensi video.

“Setiap hari kami ada vicon (video conference) dari pukul 09.00 Wita  Jadi hari Senin kami vicon juga pada jam yang sama dengan seluruh Kepala UPT Dinas Pemdidikan,” pungkasnya. (adv/ash)