Ismunandar : Pembagian Sembako Masyarakat Terdampak Covid-19 Harus Tepat Sasaran

Halokaltim.com – Meski belum terdiatribusi sepenuhnya, pembagian sembako gratis untuk masyarakat terdampak wabah covid-19 di Kutai Timur (Kutim) diminta Bupati Ismunandar supaya tepat sasaran.

Hal itu diucapkan Ismunandar disela-sela kegiatan video conference (vicon) dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bersama semua kepala daerah se-Indonesia, di Kantor Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) Kutim, Komplek Bukit Pelangi Sangatta, Selasa (7/4/20).

Yakni dalam pembahasan langkah pemerintah mengantisipasi kebutuhan daerah dalam pencegahan penyebaran percepatan dan penanganan covid-19, secara

“Memang kita akui bahwa pembagian sembako belum merata, tapi kita masih pendataan terus,” ucap Ismunandar didampingi Wabup Kasmidi Bulang, Sekda Irawansyah, Kadinsos Kutim Jamiatulkhair Daik, Kadisperindag Zaini, Kadis Ketahanan Pangan Sumarjana, dan Kadis Pertanian Sugiono serta Kadis Kominfo Supriyanto dan sejumlah pejabat lainnya.

Menurut Ismunandar, pemerintah masih melakukan pendataan terhadap masyarakat yang benar-benar terdampak akibat covid-19. Terutama mereka yang memiliki usaha kecil dan tidak ada penghasilan.

Tahap pertama sudah diluncurkan pekan lalu sebanyak 1.000 paket untuk masyarakat di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Program sembako ini akan disalurkan di 18 kecamatan se-Kutim.

“Kalau sembako memang belum merata, namun dinas sosial masih mendata warga yang bisa diberikan sembako,” sambung dia.

Ismu meminta, agar pembagian sembako tersebut bisa dilakukan dengan tepat sasaran. Artinya, Dinas Sosial (Dinsos) Kutim selaku koordinator bantuan sosial tersebut bisa memastikan masyarakat mana yang memerlukan.

“Jangan sampai orang kaya dapat, dan orang yang terdampak lewat dari pendataan,” ucap dia.

Diketahui, Dinsos Kutim Akan menyalurkan bantuan tersebut selama tiga bulan ke depan. Bantuan tersebut sebanyak 50 ribu paket sembako untuk 18 ribu kepala keluarga.

Paket sembako tersebut berisi antara lain beras, minyak goreng, indomie, gula pasir, ikan kaleng/sarden, kecap manis dan asin serta sambal botol. (adv/ash)