Perpustakaan Keliling DPK Bontang Selalu Diserbu Siswa

Halokaltim.com – Saat mobil perpustakaan keliling (Pusling) milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang berhenti, serentak para siswa pun berlarian dan langsung mengantre. Hal ini menjadi pemandangan di SD dan SMP YPPI, Rabu (11/3/20), saat pusling mendatangi sekolah yang berlokasi di Tanjung Laut ini.

Petugas Pusling DPK Bontang Yusran menjelaskan kegiatan ini memang rutin setiap Senin sampai Kamis. Sasarannya memang ke sekolah-sekolah yang ada di Bontang, baik SD hingga SMA. Kecuali TK, karena ada kunjungan khusus langsung ke DPK.

Diakui Yusran pula, sebenarnya kegiatan ini sudah berjalan sejak 2010. Tetapi saat itu masih satu unit, nanti pada 2018 baru ada penambahan satu unit lagi.

“Karena sekarang dua unit, jadi semua sekolah bisa dicangkup dua unit mobil pusling ini selama satu bulan,” ungkapnya di sela menyiapkan pusling.

Yusran memaparkan adapun buku bacaan yang disediakan, seperti cerita anak, pantun, astronomi, komik, fixi, dan masih banyak lagi. Memang tujuan dari DPK adalah agar anak semakin gemar membaca dan memberitahukan bahwa di pusling dan DPK banyak buku bacaan. Tetapi dia juga menegaskan, untuk buku di pusling ini tidak bisa dipinjam dan dibawa pulang. Karena hanya diperbolehkan dibaca di tempat.

“Kami juga menyiapkan alas untuk siswa agar mereka bisa lesehan sambil asyik membaca,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SD YPPI Bahtiar mengungkapkan kegiatan ini sangat bagus Karena siswa dapat refrensi bacaan buku baru selain di perpustakaan sekolah. Namun ia juga menyarankan baiknya pusling dapat menyediakan tempat duduk bagi para siswa yang membaca. Harapannya agar ada dua atau tiga siswa yang bisa membaca dengan serius.

“Paling tidak ada 6 kursi lah, jadi siswa bisa serius membaca,” harapnya. (adv/er)