TP PKK Kecamatan Bontang Barat Sabet Juara Satu Lomba Rancang Busana

Halokaltim.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Bontang Barat berhasil menjadi juara I lomba rancang busana yang digelar TP PKK Kota Bontang di kantor Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Bontang, Rabu (26/2/20).

Lomba ini khusus diikuti TP PKK Kecamatan se-Bontang dengan kategori lomba “Busana Takwo Modifikasi batik Khas Daerah”.
Ketua TP PKK Kecamatan Bontang Barat Serly Marthen Minggu mengungkapkan keluar sebagai juara satu dalam lomba rancang busana tingkat Kota Bontang. Tentu pihaknya berhak mewakili Bontang dalam lomba HKG PKK tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Adapun persiapan yang dilakukan, seperti melakukan koordinasi dengan tim kota, desainer hingga pemilik usaha batik ternama di Bontang.

“Ada kemungkinan busana Takwo yang sudah ditampilkan tadi akan dimodifikasi lagi, supaya lebih maksimal lagi tampilannya karena busana ini akan membawa nama Kota Bontang,” ungkapnya.

Serly menambahkan selain desain, pihaknya juga harus berpikir soal make up dan latihan lengak-lenggok pada saat lomba HKG di Balikpapan.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Bontang Barat, Ruri Widyastiwi mengungkapkan busana yang dikenakan ibu camat Bontang Barat bisa menjadi juara karena juri melihat kerapian teknik jahitan, kesesuaian model busana dengan tema tanpa merubah ciri khas busana takwo, bawahan senada (menggunakan motif parang), dan tata cara penampilan.

“Busana ini dibuat dan didesain sendiri oleh pokja 3. Dan waktu pengerjaan hanya membutuhkan waktu 10 hari,” bebernya. (adv/er)