Lewat Masterplan Ini Pariwisata Desa Sekerat Bakal Terdorong Berkembang Pesat

Halokaltim.com – Pariwisata di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur (Kutim) nampaknya bakal berkembang pesat. Masterplan atau Rencana Induk Pengembagan dan Pengelolaan Pariwisata Desa Sekerat telah diserahkan ke Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Jumat (7/2/20).

Penyerahan berkas, dilakukan Sekretaris Desa Sekerat, Zulkifli didampinggi Arman kepada Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kutim, yg diwakili Bapak Rifanie, di Kantor Dispar Kutim, Bukit Pelangi.

“Kesiapan pengembangan spot wisata Kutim yang dipersiapkan untuk pengusulan & pembahasan ke tingkat provinsi, yg selanjutx diusulkan ke tingkat pusat. Terdapat empat spot wisata dan salah satunya spot wisata Desa Sekerat yang telah siap dikembangkan karena telah memiliki masterplan lengkap,” ujar Rifanie.

Salah satu destinasi wisata Desa Sekerat yaitu Pantai Sekerat.

Dan lainnya, lanjut Rifanie, yakni  pengembangan wisata pantai Teluk Lombok & sekitarx, pulau Birah-Birahan dan Pulau Miang. Namun masing-masing tempat wisata ini masih perlu dukungan data, seperti perencanaan.

“Termasuk didalamnya skema pembiayaan dan rincian anggaran yang rencananya akan di bangun,” tuturnya.

Diketahui, Desa Sekerat di Kecamatan Bengalon di kenal indah dengan panjang garis pantainya. Daerah ini telah mematangkan diri untuk menuju desa wisata dengan merampungkan Draf Masterplan Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata Desa Sekerat.

Draf masterplan dinilai penting agar pengembangan pariwisata tersebut selaras dengan program pemerintah daerah, baik pemerintah kabupaen, provinsi maupun secara nasional.

Draf masterplan pengembangan wisata Desa Sekerat di awali dari penggalian potensi wisata, pemetaan objek atau spot wisata, proses rancangan infrastruktur, dan pematangan konsep dan kesiapan SDM serta aspek legalitas.

“Hasil kajian ini akan kami sandingkan dengan pihak pemerintah kabupaten dan propinsi sebagai bentuk keselarasan dalam pembangunan,” ujar Pj Kepala Desa Sekerat, Johansya. (arm/irs/ash).