Arfan Bersyukur Perbaikan Jembatan Muara Lembak Selesai

Halokaltim.com – Tak sia-sia wakil rakyat dan warga setempat menyuarakan keluhan. Jembatan Muara Lembak yang mengalami penurunan badan jalan di Desa Sepaso Timur, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur (Kutim), kini sudah selesai diperbaiki.

Hal itu berkat Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan mendorong para stakeholder untuk melihat masalah tersebut. Dia menyoroti jembatan yang kerap digunakan melintas oleh kendaraan alat berat milik perusahaan setempat.

“Alhamdulillah perbaikan bisa dilakukan hingga selesai. Saya juga berterimakasih kepada semua pihak yang mau memerhatikan persoalan ini,” ucap politisi dari Partai NasDem itu.

Jembatan Muara Lembak sebelumnya mengalami penurunan badan jalan sehingga meresahkan masyarakat. Sebab, jembatan tersebut adalah satu-satunya akses jalur darat yang menghubungkan Kecamatan Bengalon dengan 5 kecamatan lainnya yakni Kaliorang, Sangkulirang, Sandaran, Kaubun, dan Karangan.

Kini, tampak seperti foto di atas, jembatan tersebut sudah selesai diperbaiki. Perbaikan pun dilakukan dalam beberapa hari dengan menggunakan alat berat sejenis backhoe loader sejak sekira 4 Desember 2019.

Sebelumnya, Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irwan mengatakan, Jembatan Muara Lembak itu merupakan akses yang masuk kategori jalan arteri nasional. Dia berharap, kelas konstruksi jembatan yang saat ini tampak seperti kelas jembatan kabupaten itu dapat bisa ditingkatkan lebih.

“Memang harus ditingkatkan kontruksinya, jika perlu dibuat jembatan lagi di sampingnya untuk membagi beban. Mengingat jalan poros Bengalon ini adalah jalan arteri nasional,” ungkap politisi Partai Demokrat itu.

Sebelumnya, penurunan badan jalan pada jembatan tersebut juga sempat dibahas melalui hearing DPRD Kutim dengan pihak Kecamatan Bengalon dan sejumlah stakeholder. Meski sempat beberapa waktu kerusakan itu berlalu, penindakan jembatan itu akhirnya ditindak secara nyata di lapangan. (adv/ash)