Ini Alasan Digelarnya Porkab Kutim 2020

Halokaltim.com – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) I Kutai Timur (Kutim) tahun 2020 akan segera digelar. Delapan cabang olah raga (cabor) bakal dipertandingkan dalam acara tersebut.

Ketua Komite Nasional Indonesia (KONI) Kutim Heriansyah Masdar menjelaskan, cabor yang dipertandingkan pada Porkab Kutim 2020 adalah hasil monitoring pengurus KONI di 18 kecamatan se-Kutim.

“Cabor yang dipertandingkan ada delapan. Yaitu Sepak Bola, Pencak Silat, Atletik, Bulu Tangkis, Bola Voli, Sepak Takraw, Catur, Tenis Meja,” papar Heriansyah pada launching Logo Porkab dan Konferensi Pers KONI Kutim, di Sektretariat KONI Kutim, Jl Soekano Hatta, Sangatta Utara, Kutim, Kaltim, Selasa (28/1/20).

Dia menjelaskan latar belakang dilaksanakannya Porkab 1 Kutim tahun 2020 adalah karena belum tergalinya potensi atlet di desa atau kecamatan di wilayah Pemkab Kutim. Selain itu sudah terbentuknya Koordinator Olahraga Kecamatan di 18 Kecamatan Kabupaten Kutim juga menjadi bagian latar belakang.

Dia menambahkan kembali bahwa untuk penetapan cabor KONI Kutim telah menggelar rapat koordinasi secara intensif di internal pengurus. Sebagai teknis regulatoris pelaksanaan Porkab Kutim I-2020. Serta rapat bersama dengan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kutim.

“Melalui ajang Porkab I tahun 2020, Kutim mencari bibit unggul lokal untuk dibina, dilatih sesuai dengan minat dan bakat. Untuk menentukan pilihan cabor guna menjadi atlet professional,” tegasnya.

Tujuannya, sambung dia, untuk mempersiapkan atlet lokal Kutim menghadapi even Kejurda (Porprov VII Provinsi Kaltim tahun 2022), Kejurnas dan Even Internasional lainnya,” sebut Heri.

Untuk Porkab pertama ini, panitia menghelat 40 nomor. Dengan jumlah medali 119 keping, serta medali khusus dikalungkan kepada para atlet juara sebanyak 400 keping. (hms15/ash)