Ke Perbatasan Terujung Kutim, Dandim 0909 Sangatta Berikan Semangat untuk Warga

Halokaltim.com – Kutai Timur (Kutim) adalah wilayah yang luas, dengan 18 kecamatan dengan sekira 297 desa. Hingga kini, belum semua warga Kutim telah menerima pelayanan dari pemerintah, lantaran akses yang jauh.

Dandim 0909/Sgt Letkol Czi Pabate beserta jajaran Kodim 0909/Sgt ditemani Danramil 0909-02 Sangkulirang, melakukan kunjungan ke Desa Sandaran, Kecamatan Sandaran, Kutim, Kaltim, yang merupakan kawasan perbatasan yang juga masuk dalam wilayah Koramil 0909-02 Sangkulirang. Desa itu berbatasan langsung dengan Berau.

Kehadiran Pabate disambut dengan antusias oleh warga setempat, saat acara tersebut digelar di Gedung Serbaguna Desa Sandaran. Maklum, desa tersebut merupakan wilayah terujung Kutim.

Hadir dalam tatap muka tersebut Kades Sandaran, Kapospol Sandaran, Danpos TNI AL Tanjung Mangkalihat, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan sekitar 100 masyarakat setempat.

Dalam pertemuan tersebut Kades Sandaran yang diwakili oleh Sekdes Andi Anwar memberikan sambutan hangat.

“Kami hormati Dandim dan anggota serta semua hadirin yang hadir, semoga dapat memberikan masukan kepada kami. Semoga kehadiran bapak dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Sandaran, serta dapat memberantas peredaran narkoba yang marak saat ini,” ucap Andi Anwar dalam sambutannya.

Pabate mengucapkan rasa terima kasih kepada kades dan seluruh perangkat desa beserta masyarakat yang telah menyambut dengan hangat.

“Terima kasih. Kami ingin melihat wilayah Kodim 0909/Sgt yang paling ujung,” ujar Pabate.

Ada beberapa hal disampaikan Dandim dalam pertemuan tersebut. Berawal dari pertemuan Kades dengan dirinya beberapa waktu lalu, yakni membicarakan permohonan Babinsa supaya ditempatkan di desa. Diharap hal itu dapat membantu masyarakat, bahu-membahu membangun di Desa Tanjung Mangkalihat dan Sandaran.

“Yang perlu kita waspadai adalah peredaran narkoba, makanya masyarakat dan aparat TNI perlu berkolaborasi menjaga lingkungan dari peredaran narkoba. Makanya masyarakat harus proaktif, jajaran kami akan berkala melakukan pengecekan ke wilayah Sandaran dan Tanjung Mangkalihat,” papar Pabate.

Dia mengingatkan, para orang tua wajib menjaga dan memproteksi anak-anak. Bila ada hal-hal yang mencurigakan, segera laporkan ke aparat yang ada.

“Kami mohon kepada orang tua untuk menyekolahkan anak-anak kita, karena ke depan semakin berkembang dan menjadi kawasan industri. Berjuang dan berjuang untuk anak-anak kita supaya giat belajar agar siap menjadi penerus bangsa,” ucapnya.

Mengingat sulitnya mendapatkan layanan kesehatan, Pabate mengingatkan kepada warga untuk sebisa mungkin selalu menjaga kesehatan diri.

“Sebab daerah ini jauh dari sarana kesehatan,” imbuh dia.

Selain itu, Kodim 0909/Sgt juga melakukan sosialisasi penerimaan TNI. (ash)