DPRD Bontang Minta Pemkot Siapkan Dana Darurat untuk Masyarakat di APBD

Halokaltim, Bontang — Pemkot Bontang diimbau menyiapkan slot khusus dana darurat untuk pembiayaan tak terduga yang bersumber dari APBD. Dana tersebut diperuntukkan demi pembiayaan agenda pemerintah maupun masyarakat yang sewaktu-waktu membutuhkan bantuan.

 

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Bontang sementara Andi Faizal Sofyan Hasdam kepada wartawan. Menurut Andi Faiz-sapaan akrabnya keberadaan dana ini krusial untuk menjaga kelancaran pengelolaan anggaran dan operasional pemerintah, terutama dalam situasi yang membutuhkan respons cepat.

 

Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu terdapat insiden di mana sejumlah anak tidak dapat pulang usai mengikuti turnamen sepakbola karena terkendala dana.

 

“Ini sangat diperlukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi di masa depan,” ujarnya, Senin (16/9/2024).

 

Selain itu, menurut Andi Faiz dana taktis yang diusulkan ini, juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti mendukung kegiatan seni, budaya, dan olahraga ataupun untuk mengantisipasi risiko ekonomi yang muncul secara tiba-tiba.

 

Maka itu, Ia menekankan pentingnya komunikasi yang lebih intensif antara pemerintah dan masyarakat. Pun dirinya mengajak masyarakat untuk tidak ragu berkomunikasi dengan DPRD jika ada kebutuhan mendesak yang memerlukan perhatian segera.

 

Dalam pandangannya, dana taktis ini tidak hanya bermanfaat bagi pemerintah tetapi juga bagi masyarakat luas. Pemerintah diharapkan mampu memberikan solusi cepat atas berbagai masalah yang timbul secara tiba-tiba dengan adanya dana ini.

 

“Jadi kalau ada dana taktis, ada kebutuhan mendesak bisa langsung digunakan tanpa menunggu regulasi yang rumit,” timpalnya.

 

Selain itu, Andi Faizal juga mengingatkan bahwa dana taktis ini harus dikelola dengan transparan dan akuntabel. Menurutnya, transparansi sangat penting agar dana ini tepat sasaran dan tidak disalahgunakan.

 

Keberadaan dana taktis dianggap sebagai langkah preventif yang diperlukan untuk menghadapi berbagai kemungkinan di masa depan. Ia berharap pemerintah bisa lebih siap dalam merespons berbagai situasi yang muncul.

 

“Dengan demikian, diharapkan dana taktis ini jadi solusi jika ada hal-hal yang sifatnya urgent,” tandasnya.

 

 

Editor: Andika Putra Jaya