Ratusan Personil Polres Kutim Siap Amankan Arus Mudik Jelang Hari Raya

Halokaltim, Kutai Timur – Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polres Kutim giatkan pelaksanaan apel gelar pasukan bersama personil gabungan siaga operasi kepolisian terpusat (ketupat), di halaman Mapolres Kutim, Rabu (3/4/2024).

Bertindak sebagai pimpinan apel, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam sambutannya mengatakan, tujuan apel tersebut adalah untuk menyamakan persepsi dalam implementasi di lapangan.

“Mengingatkan kembali dalam menyamakan persepsi dengan implementasi agar selaras dengan penyampaian Kapolri, dan juga sesuai dengan rencana yang disiapkan,” kata Ardiansyah.

Bupati mengungkapkan bahwa operasi Ketupat 2024 ini juga untuk memastikan masyarakat Kutim dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan khusyuk dan lancar tanpa gangguan keamanan.

“Akan ada pos-pos yang dibangun. Disitu akan diisi dari berbagao unsur yang  tergabung dalam tim gabungan. Hadir pula rekan dari Basarnas, jadi masyarakat bisa melaporkan segala bentuk gangguan di pos tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Kutim, AKBP Ronni Bonic, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 3 pos utama serta menerjunkan ratusan personil dari unsur  gabungan dalam melancarkan giat operasi ketupat tahun ini.”Pertama pos pendidikan, kemudian pos kenyamukan, dan satu lagi pos lombok.

Untuk 2 pos yakni kenyamukan dan lombok sering dijadikan tempat keramaian oleh masyarakat pada hari raya keagamaan seperti lebaran.

Kapolres juga mengungkapkan pihaknya juga akan melakukan pengamanan di pos-pos strategis serta lokasi yang kerap menjadi pusat keramaian dan wilayah yang kerap terjadi gangguan keamanan.

“Itu juga di tempat-tempat rawan,seperti pasar swalayan, permukiman di sejumlah  perkampungan, area pusat pemerintahan dan perkantoran yang boleh kita jaga bersama,” pungkasnya.

Penulis: Tim Admin