Keterbukaan dan Efisiensi, Diskominfo gelar Pelatihan CKAN Operator Input Satu Data

(Tengah) Asisten Pemerintahan Umum Dan Kesejahteraan Rakyat, Poniso Soryo Renggono. (*/ist)

Halokaltim – Pelatihan Operator Portal Satu Data Statistik Sektoral Kabupaten Kutai Timur Tahun Anggaran 2023, yang gelar di Hotel Royal Victoria Selasa (04/07/2023).

Kegiatan ini dibuka Asisten Pemerintahan Umum Dan Kesejahteraan Rakyat Poniso Soryo Renggono yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan peserta.

Dalam wawancara, Poniso mengatakan dalam satu data ini masyarakat bisa mengakses melalui website yang di buat oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

“Oleh karena itu, kami meminta kepada semua SKPD untuk tidak memberikan data terkait dengan kegiatan di SKPD nya itu secara valid dan secara akurat agar bisa di pertanggung jawabkan,” ucap Asisten Pemerintah.

Poniso berharap jika masyarakat harus tau pembangunan yang di lakukan di Kabupaten Kutim.

“informasi ini adalah keterbukaan publik bahwasanya yang di lakukan di pemerintah itu dapat di akses di berbagai situs-situs atau website yang telah di buat oleh pemerintah Kabupaten Kutim,” tuturnya.

Poniso melanjutkan, “Bahwasanya siapa pun yang akan meminta-minta datanya harus berkoordinasi dengan diskominfo dan harus ada izin dari diskominfo untuk siapapun itu”.

Di setiap tahun adanya kegiatan-kegiatan yang di lakukan, dan kegiatan di lakukan itu yang akan di sampaikan dan di informasikan di publik melalui portal.

Kemudian, poniso juga mengatakan ketika ada keluhan oleh masyarakat pasti akan melapor, dan itu bisa jika data sudah bisa di akses kemudian terkait dengan aduan-aduan sudah bisa di segerakan.

“Ini sudah sangat bagus portalnya jika ini di padukan tidak ada kritik-kritik yang di tujukan pemerintah, dan sudah bisa di jawab di data kominfo dengan portal,” ujarnya.