Forum Serikat Buruh di Kutim Rayakan May Day 2023 dengan Berbagai Hiburan hingga Doorprize

Gabungan serikat buruh di Kutim turun ke jalan dalam peringatan hari buruh sedunia, atau biasa dikenal dengan sebutan Mayday, di Sangatta, Kutai Timur, 1 Mei 2023.

Halokaltim – Ribuan buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Buruh/Pekerja Kutai Timur (Kutim) turun memeriahkan peringatan Hari Buruh atau May Day di Polder Ilham Maulana Sangatta, Senin (1/5/2023).

Dalam rangkaian acara May Day kali ini, Forum Serikat Buruh juga menyiapkan sejumlah hadiah kejutan (doorprize) dengan hadiah utama berupa dua unit sepeda motor, televisi, kulkas, mesin cuci, kipas angin, dan hadiah lainnya.

Selain doorprize, agenda tersebut juga dirangkai dengan orasi buruh di beberapa titik Kota Sangatta, dan dilanjutkan dengan pembagian sejumlah parcel di jalan, kemudian menuju lokasi utama acara dengan disajikan berbagai macam hiburan dan makanan gratis.

Ketua Forum Serikat Pekerja atau Serikat Buruh Kutim, H Hamka mengatakan, kegiatan bagi-bagi doorprize berlangsung dengan lancar sesuai dengan harapan. Walaupun massa buruh belum maksimal karena terkendala transportasi.

“Terkendala transportasi bagi mereka yang berada di luar kota dan sebagian masih bekerja sehingga massa buruh kali ini belum maksimal,” ucap Hamka.

Dalam peringatan hari May Day tersebut, diikuti 8 organisasi Serikat buruh/pekerja yang antara lain Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (FSPKEP), Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), Kongres Alias Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia 1992 (SBSI 1992), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), dan Serikat Pekerja Nasional (SPN).

“Dari delapan Serikat Buruh total massanya kurang lebih seribu orang yang hadir hari ini. Banyak yang ingin hadir cuman terkendala transportasi sehingga tidak semuanya bisa hadir,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan hari ini adalah hari raya para buruh untuk berkumpul menyampaikan aspirasi dan bersilaturahmi sesama antar buruh.

Alhamdulillah untuk Kutai Timur pada tahun ini, kita kemas sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah bersama Forkopimda mengundang seluruh buruh untuk kita lakukan kebersamaan seperti hari ini,” ucap Ardiansyah Sulaiman.

Ardiansyah Sulaiman (tengah) saat menghadiri peringatan mayday yang disusun dengan begitu seksama bersama Forkopimda dan para buruh dari gabungan serikat buruh.

Orang nomor satu di Kutim tersebut mengapresiasi antusias para buruh dalam peringatan may day tahun ini.

“Mereka sangat senang, mereka mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini utamanya saat bagi-bagi hadiah doorprize,” ujarnya.

Peringatan mayday atau hari buruh, dihadiri sejumlah buruh dari gabungan serikat buruh, dan para pejabat dari Forkopimda Kutim.

Diketahui peringatan hari may day turut dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Ketua DPRD Kutim Joni, Anggota DPRD Kutim Basti Sangga Langi, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sudirman Latif, Forkopimda dan tamu undangan lainnya. (*)

Penulis: Andika Putra Jaya