Dukung Koperasi Binaan, DSN Group Salurkan Bantuan APD ke Koperasi Swadaya di Muara Wahau dan Kongbeng

DSN Group memberikan dukungan bantuan APD kepada enam koperasi swadaya di wilayah Kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng, Rabu 19 Oktober 2022.  

Halokaltim – Sebagai upaya memajukan kemitraan perkebunan sawit rakyat yang berkelanjutan, PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group) melalui beberapa anak perusahaannya (PT Swakarsa Sinar Sentosa, PT Dewata Sawit Nusantara, PT Dharma Inti Sawit, PT Dharma Agrotama Nusantara, dan PT KPAS), memberikan dukungan bantuan APD kepada 6 Koperasi Swadaya di wilayah kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng pada hari Rabu 19 Oktober 2022.

Penyerahan bantuan dilakukan di kantor UPT PPPP Kecamatan Muara Wahau dengan dihadiri pihak DSN Group dan masing-masing perwakilan koperasi tersebut.

Bantuan keseluruhan APD berupa 100 sepatu boots, 100 helm pengaman, 50 face shield, 150 sarung tangan kain/karet, 50 korset, 50 masker dan 50 apron pvc, dengan total nilai Rp. 44.500.000 telah diterima enam koperasi, antara lain KSU Karya Indah Desa Wahau Baru, KSU Klean Blom Kejah Desa Nehas Liah Bing, KSU Sumber Rejeki Desa Karya Bhakti, KSU Usaha Tani Sejahtera Desa Wanasari, KSU Sawit Usaha Tani Sejahtera Longbo Desa Nehas Liah Bing dan KSU Makarti Desa Sido Mulyo.

KSU Makarti Desa Sido Mulyo merupakan Koperasi Swadaya Mitra DSN Group yang telah berhasil memperoleh sertifikasi ISPO dan RSPO sejak bulan Juli 2022. Sedangkan 5 Koperasi lainnya masih dalam proses audit dari kantor auditor BSI Group Indonesia dan diharapkan memenuhi semua kualifikasi sertifikasi yang disyaratkan sehingga bisa memperoleh sertifikasi di akhir tahun 2022.

Serah terima APD disaksikan Kepala UPT PPPP Muara Wahau Abuna’in, Professional Advisor GIZ Asrijon Tanjung dan Dodi Juliawan.

Dalam sambutannya Abuna’in menyampaikan kebanggaannya, karena di wilayah kerja UPT PPPP Muara Wahau kerjasama antara Perusahaan Perkebunan Sawit dengan Koperasi perkebunan Sawit Rakyat berjalan sinergis dan saling mendukung. Hal inilah yang menghasilkan perkembangan ekonomi yang sangat pesat di wilayah Wahau – Kongbeng.

“Semoga kerjasama seperti ini terus berkesinambungan dan semakin ditingkatkan,” pungkas Abuna’in.

Sementara itu, Wira Pradana, Sustainability Operatioan Section Head Area 1 DSN Group, menyampaikan bahwa bantuan pemberian APD merupakan bagian dari komitmen dari DSN Group dalam mewujudkan perkebunan kelapa sawit rakyat yang berkelanjutan.

“Pemberian APD ini merupakan bagian dari aplikasi rantai nilai keberlanjutan yang diharapkan dapat di adopsi oleh supplier DSN Group. Pemberian APD juga diharapkan dapat memicu kesadaran petani untuk menjaga akan keselamatan dan kesehatan yang akan berdampak pada penurunan kecelakaan kerja dan peningkatan produktivitas di kebun masyarakat,” ujar Wira Pradana.

Mewakili 6 Koperasi Mitra DSN Group, Widyo Anwar Ketua KSU Karya Indah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada manajemen DSN Group yg sudah mewujudkan bentuk kerjasama sawit berkelanjutan, dengan menyediakan bantuan berupa APD kepada koperasi mitra DSN Group. Hal ini dipandang sebagai bentuk komitmen bersama dengan adanya bentuk kerjasama sawit berkelanjutan,

“Harapan kami, hal ini tidak berhenti disini saja, karena kami koperasi juga masih memerlukan dukungan dari pihak perusahaan dari aspek yg lainnya, seperti pembelajaran tentang berkebun yang baik, seiring akan habisnya pendampingan dari GIZ,” harap Widyo Anwar. (*)

Editor: Raymond Chouda