Kutai Timur Gelar Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022 Selama Sepekan di Town Hall Sangatta

Ardiansyah Sulaiman didampingi Kasmidi Bulang membuka secara resmi Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM, di Town Hall Sangatta, Jumat (26/8/2022).

Halokaltim – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022 Kutim, yang bertempat di kawasan Town Hall, Swarga Bara, Sangatta, Jum’at (26/8/2022) malam.

Event yang dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (4/9/2022) pekan depan, merupakan inisiasi Kadin UMKM Kutim yang berkerjasama dengan Pemerintah Daerah, PT. Kaltim Prima Coal, Lembaga Adat Besar Kutim, dan banyak lagi pihak yang akan turut berpartisipasi selama festival berlangsung.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan pelaku UMKM yang menjajakan produk lokal untuk menembus pasar global itu, bukanlah kali pertama dilakukan selama tahun 2022, di Kutim. Bahkan sudah pernah digelar sampai di pelosok desa, kecamatan.

Ardiansyah Sulaiman yang berkesempatan membuka event itu mengajak seluruh unsur yang ada di pemerintahan, masyarakat, maupun pihak ketiga, untuk memberdayakan dan senantiasa mengingatkan para pelaku UMKM untuk melahirkan produk-produk yang berkualitas ditiap event yang digelar.

“Saya mengajak masyarakat yang akan menyelenggarakan sebuah kegiatan apakah itu keagamaan, budaya, olahraga atau pameran senantiasa menyertakan pelaku UMKM,”ujarnya.

Disampaikannya dengan kehadiran UMKM, dapat memperkenalkan kepada masyarakat produk lokal yang kita miliki, serta kualitas dari produk itu sendiri, agar mampu bersaing dengan produk dari wilayah atau negara lain.

“Masyarakat bisa mengenal produk-produk yang ditawarkan. Selain itu, para pelaku UMKM bisa berinteraksi dan bertukar informasi dan pengalaman,” ulasnya”

Dinilainya UMKM adalah salah satu sektor yang mampu menopang ekonomi masyarakat ditengah kondisi krisis ekonomi dunia akibat covid. Pemerintah dalam hal ini terus berupaya memberikan pendampingan secara berkelanjutan kepada para pelaku UMKM di Kutim.

Dirinya berharap agar UMKM diberikan ruang seluas-luasnya untuk berkreasi dan mempromosikan produk-produk mereka Sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan. “Jangan sampai uang itu hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu, tapi terus berputar melalui pelaku usaha,” harapnya.

Ketua Panitia Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022, Rustam Efendy lmenyampaikan bahwa kegiatan menyiapkan kurang lebih 131 tenan yang diisi oleh para pelaku UMKM dan berlangsung selama sepekan, serta berharap akan menjadi kegiatan yang berkesinambungan setiap tahun.

“Sebenarnya ada 243 , tapi karena keterbatasan yang kami berpikir wilayah Town Hall ini luas, tapi setelah kita petak-petak kita pasang hanya mampu menampung 131 tenan,” ucapnya.

“InsyaAllah kedepannya pasti ada lagi event-event seperti ini,” ungkap pria yang akrab disapa Reff Lubis tersebut.

Kegiatan pembukaan Festival Kuliner Nusantara dan Gebyar UMKM 2022, juga dihadiri para sponsor utama termasuk Kepala Adat Besar Kutai H. Sayid Abdal Nanang, serta General Manager External Affairs and Sustainable Development PT KPC Wawan Setiawan. (*)

Penulis: Andika Putra Jaya