Thumbenska Festival Sukses, UMKM Bangkit Hidupkan Ekonomi Kerakyatan Kutim

Kasmidi Bulang (tengah) saat bersama-sama melakukan seremonial penutupan Thumbenska Festival.

Halokaltim – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Wakil Bupati Kasmidi Bulang secara resmi menutup Thumbenska Festival, di Folder Ilham Maulana, Jum’at (29/7/2022). Dengan ini menandakan pemerintah kembali menyukseskan event kerakyatan dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan pasca pandemi covid-19.

Digelar pada 26-29 Juli 2022, Thumbenska Kutim Festival berhasil menarik perhatian warga Sangatta dan sekitarnya selama empat hari event berlangsung. Serta menjadi wadah bagi para pegiat UMKM lokal untuk membangkitkan kembali perekonomian di masyarakat.

Festival yang dihelat dalam rangka peringatan hari jadi Thumbenska yang ke-3 tahun itu, digagas oleh anak-anak muda Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim yang juga merupakan personil dan official band tersebut selaku panitia acara, dengan Andi Patonangi (Drumer) sebagai Ketua Panitia.

Dalam rangkaian acara penutupan festival tersebut, Wakil Bupati turut didampingi oleh Sekretaris DPD KNPI Kutim Khairudin, dan diikuti Perwakilan Polres Kutim, Perwakilan Lanal Sangatta, Perwakilan Kodim 0909/KTM dan para undangan serta instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang merasa bangga dengan terlaksananya festival yang dirangkai dengan bazar UMKM ini. Sebab kegiatan ini selain musik sebagai pengembangan bakat anak-anak muda, juga membantu pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan kepada pelaku UMKM yang ada di Kutai Timur.

“Tadi saya mampir sebentar berdiskusi dengan ketua panitia. Saya tanya ‘setiap hari perputaran uang yang beredar itu berapa?’ Dia bilang ‘Kanda dari 300 sampai 500 juta.’ Ini luar biasa, artinya kita bisa menghidupkan perekonomian,” beber Kasmidi yang juga pembina Thumbenska Band.

Kasmidi sementara itu tak lupa memberi apresiasi kepada organisasi Thumbenska Band yang sudah berani membantu pemerintah dalam melaksanakan program edaran dari kementerian untuk menghidupkan kembali UMKM yang ada di setiap daerah, ditambah lagi dengan penyelenggaraan yang dilakukan secara swadaya tanpa mengharapkan anggaran dari pemerintah.

“Terima kasih kepada panitia dan adek-adek yang tergabung dalam Thumbenska band reggae. Ternyata bukan hanya lewat hiburan tapi sudah bisa berani membantu pemerintah membuka UMKM dalam kegiatan festival ini,” ucapnya.

Sebelum menutup acara, Kasmidi Bulang mengajak seluruh komunitas dan organisasi yang ada untuk bersinergi bersama pemerintah,sesuai dengan bidang dan kemampuan yang dimiliki.

“Mari kita sama-sama bergerak membangun Kabupaten Kutai Timur ini, kalau bukan kita siapa lagi,” ungkapnya.

“Dengan mengucapkan Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, atas nama pemerintah daerah Thumbenska Festival 2022 pada malam hari ini saya tutup secara resmi,” tutupnya. (*)

Penulis: Andika Putra JayaEditor: Raymond Chouda