Refleksi Semangat Juang, Partai Ummat Besutan Amien Rais di Kutim Peringati Milad

Partai Ummat Kutim menggelar peringatan milad ke-1, di Light Night Coffe Sangatta Utara, Rabu (20/4/2022).

Halokaltim – DPD Partai Ummat Kutai Timur melangsungkan peringatan satu tahun berdirinya partai besutan Amin Rais tersebut, yang terhelat di Light Night Coffee, Jalan AW Syahranie, Sangatta Utara, Rabu (20/4/2022).

Kegiatan berlangsung dengan lancar, sembari menunggu waktu berbuka, di mana kegiatan milad ini dikemas dengan kegiatan buka puasa bersama Kader Ummat.

Dijelaskan, sejarah pembentukan Partai Ummat Kutim tidak lepas dari peran anak-anak muda dan dorongan kuat dari ayahanda Muhammadiyah.

“Pada awalnya berdirinya Partai Ummat ini kami bergerilya merintis kekuatan mencari kader-kader yang potensial untuk berkerjasama mendirikan Partai Ummat di Kutai Timur,” kata Armis Haroen, Ketua DPD Partai Ummat Kutim.

Lebih lanjut Armis menjelaskan, terbentuknya Partai Ummat, karena melihat kondisi yang heterogen basis partai dari sesepuh dan tokoh, praktisi, ibu-ibu rumah tangga hingga anak-anak millenial yang ikut serta berbondong-bondong bergabung dengan Partai Ummat.

“Selain itu benang merah Muhammadiyah dengan Partai Ummat hanya sebatas ikatan psikologi yang cukup kuat. Kendati demikian diakui bahwa tidak ada hubungan organisasi antara Partai Ummat dengan Muhammadiyah,” tambahnya.

Kegiatan milad ini merupakan salah satu bentuk refleksi kader agar bisa istiqomah dalam melawan kezaliman dan menegakan keadilan di negeri ini sebagaimana semboyan dari Partai Ummat.

“Sebagaimana diketahui, agar tidak terjadi kekeliruan bahwa pak Amien Rais sekarang tidak lagi di partai lamanya, dan sekarang membesarkan partai barunya bersama kolega-koleganya yaitu Partai Ummat,” ungkap Armis.

Diketahui, saat ini Partai Ummat telah terbentuk dan memiliki sembilan DPC di 18 kecamatan se-Kutim. Dikabarkan pula akan diawali melakukan pembentukan di Kecamatan Sangkulirang dan Muara Wahau.

“Partai Ummat dan juga beberapa partai politik lainnya juga tengah bersiap menyambut verifikasi KPU guna ikut kontestasi pemilihan mendatang,” tuturnya.

Menurut Ketua Panitia sekaligus Sekretaris 1 DPD Partai Ummat Kutai Timur Kevin Prayogo, kegiatan ini murni hasil iuran anggota dan kader-kader ummat.

“Tidak ada investor yang mendanai, murni dari anggota yang merasa nyaman dan se-visi dalam perjuangan Partai Ummat,” ujar Kevin.

Kegiatan dihadiri oleh pengurus DPD, DPC, pengurus Garda Ummat, Permata Ummat dan juga tamu undangan seperti tokoh Muhammadiyah Kutai Timur Alit Abdurahman, Irsyadi, Jamhari, dan tamu undangan lainnya. (*)

Penulis: Andika Putra Jaya