Kaltim  

Safaruddin Ajak Masyarakat Berpartisipasi Tekan Penyebaran Covid-19, Juga Imbau Petugas untuk Lebih Humanis

Halokaltim.com – Anggota Komisi III DPR RI, Drs H Safaruddin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini terjadi tren lonjakan kasus virus beralias corona itu.

Saat ini pemerintah telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (PPKM) Darurat. Termasuk beberapa kabupaten/kota di Kaltim.

“Semua ini dilakukan untuk menekan mencegah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menekan penyebaran Covid-19,” kata anggota DPR RI Dapil Kaltim ini.

Safaruddin pun mengapresiasi solidaritas yang bermunculan dalam beraneka ragam. Seperti dapur umum hingga penggalangan dana. Ini semangat yang harus diapresiasi dan dijaga,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu.

Menurut Safaruddin, PPKM Darurat harus menjadi momentum untuk mengerem penyebaran kasus Covid-19, khususnya mencegah sebanyak mungkin kematian. Karena penanganan masalah kesehatan ini menjadi penentu untuk langkah berikutnya.

“Saya juga mendorong agar pemerintah terus meningkatkan program-program prorakyat, baik sebagai penyangga selama pandemi dengan pembatasan mobilitas maupun antisipasi perkembangan ekonomi pascapandemi,” harap Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Safaruddin tak lupa mengingatkan pemerintah untuk mengedepankan sisi humanisme dalam penerapan PPKM Darurat. Jangan sampai mengedepankan emosi yang berujung pada kekerasan, sehingga malah menimbulkan gejolak nantinya.

“Perbanyak sosialisasi. Dalam memberikan pemahaman pun juga harus santun. Harus lebih humanis. Sehingga rakyat memahaminya. Bukan mengedepankan emosi. Kejadian di Gowa tidak boleh terjadi lagi, khususnya di Kaltim,” imbaunya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk terus memperketat protokol kesehatan. “Pandemi Covid-19 bisa kita lewati jika kita semua ikut berpartisipasi,” tutup Safaruddin yang digadang-gadang menjadi Calon Gubernur Kaltim itu. (*)

Editor : Raymond Chouda