Living Lab SCN di Jakarta, Disdik Turut Hadir dalam Kunjungan Bupati

Halokaltim.com – Dalam rangka penguatan daerah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim) mengikuti kunjungan Bupati Kutim Ismunandar. Kunjungan itu terpusat ke Living Laboratorium (Lab) Smart City Nusantara (SCN), Jakarta, Selasa (25/2/20).

Kunjungan dalam ragkah penguatan dan kesiapan dalam menjadikan dearah sebagai Kabupatan Smart City itu, juga dihadir 7 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kutim lainnya.

Adapun OPD yang dimaksud diantaranya, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelola Keuagan dan Aset Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.

Dalam Living Lab SCN itu, Bupati bersama jajaran Pemkab Kutim secara langsung mencoba berbagai wahana yang terdapat dalam laboratorium tersebut yang memiliki pendekatan visual, auditory dan kinestetik sehingga mereka dapat merasakan dan mengalami seperti apa. Dari pengalaman tersebut tim Pemkab Kutim semakin dapat merasakan fungsi Smart City secara nyata.

Kutim yang berada di wilayah Kalimantan Timur, merupakan salah satu daerah dari 100 kabupaten kota di Indonesia yang menerapkan sitem Smart City dalam menunjang sitem keterbukaan informasi di era digital saat ini.

Kepala Disdik Kutim Roma Malau dalam hal ini menerangkan, Disdik Kutim merupakan OPD yang mendukung program smart City dan ikut berperan aktif dalam mewujudkan terlaksnanya keterbukaan informasi kepada publik melalui program-program yang telah di kembangkan.

“Diantaranya adalah Simaksiru, Simda, Digital Learning dan PPDB. Ini meruapakn program unggulan untuk mendukung tercapainya kabupaten smart city pada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur,” ujarnya. (adv/ash)