Ini Penyebab Rusaknya Gedung SMP 1 Sangkulirang

Halokaltim.com – Sebuah bangunan sekolah menjadi rusak setelah terkena angin kencang. Gedung SMP 1 Kecamatan Sangkulirang, Desa Benua Baru, Kutai Timur (Kutim), Kaltim, itu tertimpa beberapa pohon yang tumbang, Kamis (20/2/20) sore.

Akibatnya, salah satu ruangan yaitu kelas VIII-A rusak parah. Meja dan kursi di ruang kelas siswa itu berhamburan. Keramik tegel lantai pun terbuka dan pecah.

“Jarak pohon ke kelas sekira 10 meter. Pada saat proses penebangan, pohon diusahakan rebahnya condong ke arah selatan,” ungkap Dahir saat dikonfirmasi awak media, membenarkan kerusakan bangunan tersebut.

Dahir Razak El Rahman, adalah lelaki yang mengunggah sebuah postingan di akun facebooknya itu. Postingan itu bahkan menjadi viral.

“Sudah jatuh tertimpa tangga. Sudah rusak parah karena tua, diperparah dengan robohnya pohon yang menimpa bangunan. SMP 1 Sangkulirang perlu perhatian,” tulis Dahir dalam postingan yang diunggah pada Jumat (21/2/20) sekira pukul 09.00 Wita.

Menurut Dahir, angin yang berembus kencang mengubah arah jatuh pohon yang tengah ditebang. Akhirnya menimpa bangunan sekolah tersebut.

Adapun pohon beringin yang berusia sekira puluhan tahun itu, berada di luar pagar arah selatan SMP 1 Sangkulirang. Pohon tersebut miring condong ke arah dalam sekolah di sebelah utara.

“Karena sudah merasa khawatir, maka kelas tersebut memang tidak digunakan. Padahal sebelumnya kelas itu masih dipakai untuk proses belajar, pada saat penebangan anak-anak diungsikan ke aula sehingga tidak ada korban jiwa,” papar Dahir. (ash)